Popular Post

Posted by : utamibiran Senin, 02 Maret 2015





Adempiere adalah proyek diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyediakan fungsionaliatas sebuah Enterprise Resource Planning (ERP), Customer Relationship Management (CRM) dan Supply Chain Management (SCM). Proyek Adempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut dari ketidaksepakan para pengembang Compiere™ dengan perusahan komersil dibelakangnya: ComPiere Inc.

Pengembangan proyek Adempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek Compiere™. Bagi yang  pernah menginstall Compiere maka step instalasinya tidak jauh beda dengan Adempiere saat ini. Saat tulisan ini dibuat versi Adempiere sudah 3.4.2 (stable release) dan sudah ada versi alpha 3.5.4a.

Adempiere sangat cocok bagi anda yang menghendaki menggunakan aplikasi sekelas Compiere yang Full Feature namun masih free (tidak harus bayar), tentu Adempiere menjadi pilihan Utama. Seperti halnya Compiere, Instalasi Adempiere cukup mudah.
Database Oracle dan PostgreSQL adalah database yang paling disupport oleh Adempiere. Sekian sekilas info of Adempiere.

Apa sebenarnya yang membuat Adempiere ini berbeda dibandingkan dengan produk Open Source lainnya? Ada beberapa yang membuat Adempiere ini sangat berbeda dibandingkan dengan teknologi lain, diantaranya :
  1. Adempiere merupakan turunan Compiere yang merupakan revolusi baru dari perkembangan Open Source ERP.  Sama seperti Compiere, Adempiere dibaguan dengan terbuka berbasis Java  dengan menggunakan JBoss sebagai Application Server . JBoss sebagai revolusi middleware dan Adempiere sebagai revolusi operasional. JBoss (dibaca: Jay Boss) adalah server aplikasi sumber terbuka berbasis Java EE yang di-implementasikan menggunakan Java. Dengan basis Java, JBoss otomatis lintas platform, dalam arti ia dapat digunakan di segala sistem operasi yang mendukung Java.
  2. Adempiere adalah aplikasi Open Source berbasis MDA yaitu Model Driven Architecture, atau disebut dengan Adempiere Application Dictionary, yang mana diakui sebagai salah satu cara mengembangkan aplikasi paling modern. Kemampuan MDA ini yang menyebabkan semua pihak dapat melakukan customisasi terhadap seluruh fitur-fitur dari Adempiere, setiap Window dalam Adempiere dapat ditambahkan sebuah menu atau field baru tanpa modifikasi. Salah satu kekuatan Adempiere adalah adanya Data Dictionary, dimana kita bisa melakukan kustomisasi tanpa melakukan ‘coding’.  Dan ini biasanya hanya ada pada SAP, Oracle ERP atau software ERP papan atas.
  3. Salah satu yang dibanggakan pada Adempiere adalah kemampuan Adempiere multi-currency, multi-language, multi-organization, multi-accounting, multi-costing dan  multi-taxes . yang sering disebut sebagai The Multis.
  4. Adempiere meliliki skema referensi yang memungkinkan diupgrade ke versi terbaru tanpa merubah data,  dan dengan sedikit melakukan migrasi data.
  5. Adempiere adalah ERP multiplatform dan portable, Adempiere yang berjalan diatas Java,  sehingga bisa berjalan MacOS, Windows, Linux, ataupun Solaris dengan baik.
  6. Adempiere adalah aplikasi bisnis lengkap yang saling terintegrasi antara sistem Accounting, Finance, Sales, Purchasing, Inventory, Customer Relationships Management, Web Store, dan Business Intelligence. Dengan sistem yang terintegrasi ini, Adempiere dapat men-sinkronisasi dan mengoordinasi seluruh proses bisnis di setiap departemen/cabang sehingga memungkinkan mereka saling berbagi informasi dan berkomunikasi. 
Sumber :
Sumber1
Sumber2
Sumber3
Sumber4

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Utami Pratiwi -