Popular Post

Posted by : utamibiran Minggu, 06 Desember 2015


Hallo sesuai request, akhirnya cerita berpuluh-puluh tahun lalu finish dihari ini...

Kopi, iya dia secangkir kebahagiaan disetiap pagi. Manis, masih semanis hari-hari sebelumnya. Dan pagi itu, tepat tanggal 26 tanggal bahagia kita. Dia datang lebih pagi. Senyumnya sangaaaat berbeda. Dia terlihat begitu menawan. Mataku, tak lepas dari tatapnya. Dia mengejutkan ku dengan seikat mawar. Belum setahun, ini baru tepat bulan ke 7. “Selamet tanggal 26 ya sayangku pesekku cantikku, makasih selalu ada buat aku” Dan yang membedakan, diselipkan gantungan kunci bentuk belimbing kuning. Kopiiiii hehehehe

Tapi, pagi itu ada yang mengejutkan.  Sesampai di sekolah, kopi izin “Sayang, aku ke toilet dulu ya. Kamu duluan aja masuknya...”

“Hehe okay kopi, aku duluan yaaa....”

Aneh. Tapi bukan itu yang mengejutkanku. Baru melangkahkan kakiku masuk kekelas, kuda. Iya dia. Dia keluar dengan muka marah. Dan menabrakku.

“Woi selow dong lu! Ga punya mata apa!” Dia melirik kebelakang dengan tatapan penuh marah, dan bergegas meninggalkanku yang penuh kesal.

Saat aku memasuki kelas, Dia. Pacar kuda, menangis terisak. Akupun bergegas menghampiri kedua temanku “Dii ka, kenapa tuh...”

“Makanya jangan telat, pacaran mulu sih ketinggalan kan haha”

“Ihhh jelasin jelasin gamau tau”

“Jadi tuh tadi.... eh guru tuh guru duduk2...”

Hmmm dasar kalian ini, kalian berdua manusia terkompak ternyebelin teraneh tersegala-galanya buat tami... Eh tunggu, dimana kopi? Akupun menelfonnya dan akhirnya dia muncul. Bersama kuda.

Pas jam istirahat “Nyong, td kenapa anak berdua itu...”

Kopi pun ikut masuk obrolan kami “Anak dua siapa yang?”

“Itu pi, si kuda sama cewenya. Masa tadi pagi aku ditabrak sama kuda. Lucu lagi masa aku marahin dia melototin. Aturan dia yang takut jadi aku yang takut...”

Dengan lirikan yang sedikit sinis... “Loh apa urusannya sama kamu? Ngapain juga ngurusin orang, mau mereka....”

“Udaaaah deh kooopiiiii. Aku bukan care sama mereka, aku cuma pengen tau aja orang aku liat marahnya kuda kaya apa masa aku ga tanya kan ini jadi gosip terhangat pagi ini hehehe...” selahku dalam omongan kopi.

“Dasar wanita, yaudah aku bayar dulu deh ya abis itu aku kedepan bentar”

“Yaudah hus hus. Eh dii ka, jadi gimana? Mereka tuh kenapa?”

“Jadi tuh tam, tadi pas kita berdua dateng. Mereka udah selesai berantem hahahaha orang kita sampe, lo sampe kok. Ya mana kita taaau.”

“Astaaaagaaaahhhhhh, sini lu berdua!” dan merekapun mengambil langkah seribu.
Saat perjalanan pulang sekolah...

“Kopi, masa dii sama eka ngeselin tadi aku  tanya taunya mereka juga baru dateng. Ngeselin kan mereka...”

“Kamu tanya apa sih sayaaaaang?” sambil mengelus kepalaku.

“Ituuu insiden td pagi pi, yang si kuda sama....”

Kopipun rem mendadak. “Apaan sih kamu, kuda lagi kuda lagi. Kamu masih suka? Hari ini tuh hari jadi kita tam. Hargain aku dong. Aku udah susah payah buat kamu ada disini, kamu malah ungkit rintangan yang udah aku lewatin...”

Aku hanya bisa terdiam, selama 7bulan ini pertama kali kopi membentakku. Dan tak tertahan, merekapun berjatuhan. Tuhan, salahkah aku?

Kopipun bergegas mengambil tissue. Dan menghapus air yang berjatuhan. “Maaf sayang, aku ga maksud bentak. Aku Cuma ga mau kamu peduli sedikitpun sama orang yang kamu suka aku Cuma takut kehilangan...”

“Tapikan gak usah pake bentak aku pi, aku udah pernah bilangkan aku gak suka dibentak pi. Lagian kamu gak usah khawatir. Kuda itu kertas putih yang blm sama sekali aku kasih tinta. Dia itu ga ada apa-apanya dibanding 7 bulannya kita”

“Iya sayang, maaf sekali lagi, aku percaya kamu ga akan macem-macem. Aku percaya aku percaya Cuma ada aku.” Sore itupun ditutup secangkir teh manis, yang mama buat...

Pagi itu pagi ke11 yang setiap pagi kopi meninggalkanku ke toilet katanya...
Dan saat guru datang, diapun tak kunjung datang. Inisiatifku pagi ini, aku tidak akan menelfonnya. Aku akan langsung mendatanginya.

Tapi setengah perjalanan, dia berada tepat didepanku “Kamu mau kemana yang?”
“Kemana-kemana. Dari mana aja kamu. Ketoilet sampe berjam-jam tuh guru udah masuk. Kebiasaan banget sih pi”

“Iya sayang maaf aku tadi ketemu Adit jadi ngobrol dulu.” Sambil mengelus kepalaku.

Hari ini pun berjalan seperti biasanya. Kopi pun memberikan tingkah lucunya yang membuatku selalu tertawa. Tanpa mengingat kuda dan masalahnya.

Kopi itu paling jago ngeledek, hobinya ngisengin orang, dia itu paling jago bikin tami ketawa.

Pagi itu, hari ke12 semulainya kopi berprilaku aneh.

“Yang aku ke toilet ya kebelet yang.”

“Yaudah sana pi, jangan lama. Inget bel masuk.”

“Iya sayang...” dia mengelus dan beranjak pergi. Tapi panggilanku menghentikannya.

“Pi, jangan macem-macem ya. Aku tutup kuping dari ocehan orang tentang kamu, aku percaya kamu. Jaga ya...”

Dia hanya tersenyum, dan mengelus kepalaku.

Tuhan, aku tutup kuping  tapi aku tak pernah tutup  mataku, hati dan pikiranku.
Pagi itu tepat hari ke-12. Aku masuk kelas dan meletakkan tasku dan bergegas kebelakang, sebelum sampi ke toilet pria. Aku terkejut. Ntah marah atau tidak. Kopi, dia bukan bersama Adit. Tapi ada 2 adik kelasku, wanita dan pria.

Bukan itu yang membuatku terkejut. Dia ngerokok. Iya kopi ngerokok. Akupun mendatanginya.

“Toiletnya pindah ke kantin pi? Itu apa? Rokok? Inget td aku bilang apa?” Akupun bergegas pergi. Dan kopi mengejar.

“Tam tam, maaf itu tadi ditawarin ga enak. Maafin aku, ga lagi lagi aku begitu. Maaf tam...”

Dia berlari kecil mengejarku.  Dan sampai saat bel pulang. Aku lari meninggalkan kelas. Itu kali pertama aku pulang sendiri sejak aku memiliki kopi. Tuhan, inikah kecewa?

Kopi, terus menghubungiku. Bahkan mendatangiku. Dan mama bilang aku belum sampai rumah.

Akhirnya malam itu kopi puulang tanpa bertemu denganku. Tapi, inilah aku. Marah dengannya lebih dari 24jam? Mana sanggup.

“Kopi, pagi ini aku mau berangkat sendiri. Bukan aku marah, aku gak mau masih emosi liat kamu. Jangan kecewain aku lagi ya. Kalo kamu duluan sampe kelas, aku pulang sama kamu. Bye raja telat!”

Sampai aku didepan pintu kelas.

“Hai,” senyuman ituuuuuu senyuman itu ada lagi. Dia berbeda.

“Apaan sih lo. Minggir2 gue mau lewat!”.

“Eh tam sorry ya kemaren sama pelototannya gua lg emosi banget.” Yap bukan kopi, tapi kudaaaaaaa!

Tapi kopi, sudah datang. Tasnya ada. Dan dimejaku  ada coklat dan kertas. “Pulang sama aku kan cantik?”

Dasar kopiiiiiiii!!!!!

Eh tapi, dimana kopi? Ah sudah, dia tidak akan melanggar janjinya. Tapi tadi itu apa? Kenapa kuda bersikap neh? Ah bukan urusanku.

“Hai yang, udah terima coklatnya? Jadi pulang sama aku dooong” ledekan kopi.

Talk less, do more. He’s  kopi, full of surprice hehe.

Hari berganti hari bulan berganti bulan, kali ini tanggal 26 di bulan ke9 . Kopi, seperti biasa selalu ada kejutan. Tapi 2 kejutanku pagi ini. Kopi? Sudah pasti. Ini tanggal spesial kami. Pagi itu, kopi tidak bawa bunga.

Tapi... “Pagi yang, selamat tanggal 26 buat kesekian kalinya. Maaf yaa kantong lagi kempes. Hehe tapi nanti pulang sekolah nonton yuk udah lama gak nonton.”
“Wuuuu katanya kantongnya kempes tapi ngajak nonton hehe selamat tanggal 26 juga jeleeek...”

Kejutan berikutnya adalah saat aku sampai di sekolah, mereka berdua. Iya dii dan eka, selalu heboh setiap pagi dan saat mereka melihatku. Mereka menarikku.

“Tam siniiiiiiii duduk duduk.”

Kopipun hanya tersenyum menggelengkan kepala dan mengelus kepalaku, beranjak pergi.

“Apaan sih lu, lagi anniv nih.”

“Kuda tam sama si nenek lampir, putuuuus! Hahahaha akhirnya itu nenek lampir kena juga” kata dii.

“Ah bodo amat deeeh mau putus kek mau gimana kek, bukan lagi urusan gue ntar gue dicemburuin tuh sama si kopi”

“Ih bukan itu dodol, kita kan semua gak suka sama nenek itu. Baguus dong dia putus jadi gak ada yang gak enakan lagi kalo nyerang dia” rencana eka.

Kuda, dia punya pacar. Pacarnya itu orang paling caper didepan guru. Semua temen dikelas tami ga suka sama tingkahnya.

“Ooooh itu maksud kalian hahah terus apa  rencananya?”

Eka mencetuskan “Deketin aja si kuda, bikin doi respect terus jadi cs abis itu jadiin sama dii. Kalo kuda ga mau ya bilang aja biar si nenek kesel”

“Ih kok gueeeee...” sangkal dii

“KARENA DISINI CUMA ELO YANG MASIH JOMBLO... hahaha” kompakku dengan eka.

Akhirnya setelah seminggu mereka putus, the plan start here. Kamipun mulai dari sesi introgasi ala-ala ngegosip dikantin.

“Lo kenapa putusin nenek da?”

“Matre dii males gua.”

“Udaaah daa sama dii ajaa tuh jomblo dia hahaha...” ledekku.

“Kaga ya da. Gue sama kuda mah mau jadi cs. Kita punya plan nih da. Lo mau join ga?” kelak dii.

“Weh plan apa nih”

“Gini loh kuda, lo pura-pura jadian sama dii. Kalo engga deket deeeh bikin di nenek minder. Bikin nenek panas, marah, kesel. Setuju ga da?” rencanaku.

“Boleh deeeh buat kalian apa sih yang engga...”

“Yaudah, bayarin nih semua da katanya apa sih yg engga. Hahaha” ledekku.
Akhirnya di hari-hari berikutnya. Kuda, dii, eka, dan aku sering keluar bersama. Main timezone, makan, hangout ala-ala anak SMA hehe.

Dan kami sering upload foto ke sosmed. Daaan ternyata nenek marah, kesal, dan dia jadi pendiam dikelas. Tidak lagi caper. Akhirnya dia sadar kalo tanpa kuda dia tidak dilirik karena sikap  yang selalu ingin diperhatikan guru.

Tapi ternyata bukan hanya nenek yang cemburu, kopi. Iya dia. Sudah beratus kali aku jelaskan. Bahkan dii dan eka pun menjelaskan. Its just plan. Dan yang berperan dii denga kuda. Bukan aku.

Siang itu, saat jam istirahat aku cari kopi dikantin, dilapangan, di kelaspun tidak ada. Aku putuskan untuk keluar sekolah yang kebetulan ada kedai. Karena saat aku hubungi, tiidak dapat respon. Akhirnya, kedua kalinya. Kopi mengecewakanmu. Aku, dengan kuda sudah ku bilang dia hanya kertas putih  yang bahkan sampai detik ini belum aku coret tinta. Dia, dia dengan wanita itu. Dia junior ku. Ntah siapa namanya. Aku tak kenal. Tertawa dan memberi 1 suapan tepat disebrang mataku.

Aku medatanginya dan diapun terkejut. “Tam tam, ini gak kaya yang kamu liat. Dia  bukan siapa-siapa”

“Bahkan dulu, aku juga bukan siapa-siapa kan pi? Sampe akhirnya aku sama kamu jadi kita...” akupun  bergegas pergi dan meninggalkan kopi dengan tetesan-tetesan itu lagi.

“Kamu tau kan tam aku ga suka kamu deket sama kuda. Aku takut.”

“Takut apa? Kehilangan aku? Ini yang buat kamu kehilangan aku pi. Bukan aku yang deket sama kuda. Tapi kamu yang ngumpetin dia kan.”

“Tam aku minta maaf. Aku ga akan ulangin lagi. Aku sama dia bukan apa-apa”
Aku hanya terdiam. Berhari-hari aku berdiam. Bahkan aku tak peduli dengan kedua sahabatku. Dengan kekonyolan mereka.

Hari ini, kopi tidak masuk. Tapi, di group dia mengundang anak laki-laki dikelas untuk datang kerumahnya.

Dan saat aku membuka sala satu sosial media, fotonya telah berubah. Bersama junior itu. Kopiiiiiiiiii, inikah pahitmu? LAAGGGII???

Dan saat sore tiba dan semua teman laki-laki kelasku sudah tepat ada dirumahnya. Dia  menelfonku, kali ini di loadspeaker karena suaranya menggema.

“Heh tam, gua mau putus sama lo. Lo kira gua betah sama lo? Hah? Cewek sok alim. Selaw selaw semua yang udah lo kasih bakal gua balikin haha yang penting kita putus tam.”

Kopi, inikah kamu???

Setelah telfon yang belum terhenti itu menyesakkanku, ada pesan masuk. “Gak usah diladenin, dia lagi mabok” Kuda. Iya dia. Dia yang memberi tahuku kopi..... kecewa, lagi.

Tapi sudahlah. Akhirnya aku tau dia seperti apa. Dan yang aku ingat hanyalah perkataan pesek. Aku bergegas menelfonnya “Peseeeeeek, gue diputusin kopi, akhir-akhir ini semuanya kebongkar sek. Gue nyesel ga dengerin lo dulu. Maafin gue ya sek...”

“Iya taam, gpp. Yaudah lebih baik tau sekarangkan. Udah jangan disesalin ya. Maafin temen gue juga. Lo baik, pantes buat dapet yang baik tam.”

Satu yang ku ambil.

Yakinlah jika meyakinkan. Dia yang menyayangimu, tidak akan membuatmu  berjuang sendirian. Aku tidak pernah menyalahkanmu menumpahkan secangkir kopimu di gambar kita yang hampir sempurna. Juga bukan takdir yang aku salahkan, apa lagi keadaan dan dirimu. Tapi, ini kesalahan kepura-puraan. Cinta itu harus dasar ketulusan, kejujuran dan perjuangan. Bukan tentang “yang, beyb, cinta, sayang” tapi tentang nama indah yang selalu terucap dengan  lembut. Karena cinta berawal bukan dari kepalsuan.

“Jaga dia semenyebalkan apapun dia, karena dia berharga saat telah tak disisi.” -Satriosv-


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Utami Pratiwi -