Popular Post

Posted by : utamibiran Selasa, 24 Mei 2016

Invensi Program Skype

Bidang Teknik Invensi
Penemuan ini berhubungan dengan invensi skype, lebih khususs lagi invensi ini berhubungan dengan program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer) dan menyediakan sarana komunikasi (voice) berkualitas tinggi yng murah berbasis internet.

Latar Belakang Invensi
Dengan menggunakan program skype, pengguna tidak harus menggunakan pulsa untuk berkomunikasi via suara (voice) ataupun panggilan video (video call). Karena program skype dibuat untuk berbicara dengan pengguna skype lainnya di berbagai belahan dunia berbasiskan internet secara gratis. Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang.
Invensi teknologi yang berkaitan dengan hak intelektual sebuah trademark / merk dagang dan juga telah diungkapkan sebagaimana terdapat pada paten (UU 14 tahun 2001, ps. 1, ay. 1) dengan judul Paten, dimana diungkapkan Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada penemu atas hasil penemuannya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. Namun, invensi tersebut masih terdapat kekurangan, yaitu berhubungan dengan aspek internal dan eksternal yang diantaranya adalah keamanan data dari pengguna dan privasi.

Uraian Ringkas Invensi (Sejarah awal terbentuknya Skype)
Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.
Skype adalah sebuah aplikasi yang  berfungsi sebagai video chat yag dapat mengobrol dengan antar pengguna skype secara gratis, dan dapat juga untuk menelpon ke telepon biasa namun dengan biaya yang telah ditetapkan. 
Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar. Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

Fitur
Skype memberikan fitur-fitur baru yang membuat komunikasi chatting pengguna semakin mudah. Bagi pengguna yang terbiasa menggunakan chat video, terutama melalui Skype, kini pengguna bisa melakukan group calling dengan skype. Dengan aplikasi ini, maka pengguna dapat melalukan panggilan video calling ke banyak orang melalui satu jendela. Fitur terbaru dari aplikasi ini dapat digunakan melalui sistem operasi iOS, android, maupun gadget dengan sistem Windows mobile 10. Informasi terkini sedang dilakukan beberapa pembaharuan agar semakin nyaman dan mudah. Sebenranya fitur grup video calling bukan pertama kali dimunculkan oleh Skype, sebelumnya Google Hangout sudah mencetuskan fitur ini dengan 10 orang panggilan secara bersamaan.
Layanan Group video calling Skype sendiri masih belum jelas berapa orang yang dapat melakukan panggilan ini. Dari isu yang beredar, untuk panggilan suara dapat menampung hingga 10 orang sedangkan untuk panggilan video calling dapat mencapai jumlah lebih besar hingga 25 orang secara bersamaan. Fitur baru lain yang dapat dinikmati pengguna Skype adalah fitur terjemahan real-time. skype translator membuat terjemahan secara langsung oleh dua orang yang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang berbeda. Ketika dua pengguna inter-bahasa sedang berkomunikasi, ketika salah satu pengguna selesai mengatakan sesuatu, maka Skype translator akan langsung menerjemahkan dalam bahasa penerima secara teks dan suara.
Saat ini skype translator sudah memiliki basis data terjemahan ke 50 bahasa, sedangkan untuk terjemahan berbasis video bisa dikases melelui bahasa inggris, italia, mandarin dan spanyol. Fitur lain yang bisa dinikmati oleh pengguna Skype adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dengan internet selama sedang menggunakan Skype. Fitur dengan sebutan Picture-in-picture ini  memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi lain saat berkomunikasi dengan Skype.  Pengguna bisa tetap browsing di internet maupun melakukan aktivitas lain di tablet android pengguna tanpa terganggu dan harus menutup jendela yang sedang dikerjakan. Dengan fitur-fitur baru dari Skype ini, maka para pengguna Skype akan dimanjakan dengan kemudahan berkomunikasi dan video calling.

Uraian Singkat Gambar
                                       Gambar 1 Tampilan awal login di dalam program skype.

                               Gambar 2 Foto pencipta Skype, Niklas Zennström dan Janus Friis

                                            Gambar 3 Tampilan saat menggunakan SkypeOut

Uraian Lengkap Skype
Sejarah lengkap Sype:
              1.   23 April 2003 Nama domain Skype.com dan Skype.net didaftar
              2. 29 Agustus 2003 Versi beta publik pertama dikeluarkan
              3. 15 Juni 2004 Rilis beta versi 0.98.0.28
              4. 27 Juni 2004 Credit SkypeOut dapat dibeli untuk pertama kalinya melalui situs web Skype
              5. 27 Juli 2004 Rilis versi 1.0 untuk Windows
              6. 20 Oktober 2004 Pertama kalinya 1 juta pengguna Skype online bersamaan
              7. 14 Februari 2005 Pertama kalinya 2 juta secara online
              8. 10 Maret 2005 SkypeIn Public Beta dimulai
              9. 11 Maret 2005 Software telah didownload 84 juta kali dan 5.98 milyar menit bicara 
             10. 15 April 2005 Didownload lebih dari 100 juta kali
             11. 18 Mei 2005 Tiga juta pengguna Skype online bersamaan
             12. 12 September 2005 Skype diakusisi situs lelang online, eBay.

Ikhtisar Enkripsi
Internet, seperti jaringan apa pun, dapat diawasi oleh penjahat dan peretas pada tingkat apa pun. Ini adalah salah satu alasan mengapa email dan banyak program obrolan internet tidak aman. Karena ada banyak cara bagi orang tidak dikenal untuk mengawasi komunikasi , pengguna harus mengambil langkah positif untuk melindungi diri pengguna dari pihak ketiga yang berbahaya.
Enkripsi adalah proses pengonversian informasi yang menggunakan prinsip matematika, dalam cara yang hanya dapat dibaca oleh penerima yang diinginkan setelah mereka mengonversikan kembali informasi. Banyak teknik eknripsi yang telah dikembangkan selama berabad-abad. Proses ini disebut enkripsi dan dekripsi, dan menjadi bagian dari disiplin keamanan yang disebut kriptografi.
Pada 1900 SM, bangsa Mesir menggunakan hieroglif nonstandar untuk melindungi pesan; sedangkan bangsa Yunani pada 490 SM menggunakan potongan kulit hewan yang dililit sepanjang dan selebar tongkat tertentu. Proses menyamarkan pesan ini disebut kriptografi. Julius Caesar mungkin membuat dan menggunakan sandi pengganti pertama di dunia. Melalui pergeseran setiap huruf dengan urutan yang sama, misalnya 'a' menjadi 'e', 'b' menjadi 'f' dan sebagainya, menghasilkan kata dan pesan yang tidak dapat dimengerti. Pendekatan menerapkan aturan ke pesan dan hasil dari pesan yang dienkodekan terpisah disebut sandi. Kunci untuk membuka pesan tersembunyi adalah mengetahui ofset untuk menggeser huruf; ke depan untuk enkode dan ke belakang untuk dekode.
Sandi ini, meskipun kini sudah kuno, berada di garis depan kriptografi pada masanya, namun dengan kemajuan sumber daya teknologi dan pengetahuan yang lebih hebat dapat digunakan untuk memajukan subjek tetapi juga untuk melawannya. Karena sandi lama kini dapat dikalahkan dengan mudah, sandi modern harus terus berevolusi.
Di Skype, kami menggunakan algoritma enkripsi standar yang dikenal dan diterima secara internasional, yang telah tahan uji selama bertahun-tahun dari analisis dan serangan. Algoritma standar ini melindungi komunikasi pengguna dari tangan peretas dan penjahat. Dengan melakukannya, kami membantu memastikan privasi pengguna dan integritas data yang dikirim dari pengguna ke kontak.

Identitas Digital Dan Enkripsi Dalam Skype
Salah satu tujuan utama Skype adalah untuk melindungi pengguna dari penyerang berbahaya yang menguping percakapan pengguna. Selain itu, kami ingin mencegah jenis peniruan yang sering digunakan penipu melalui email (misal, phishing) untuk memperdaya pengguna untuk menyerahkan informasi pribadi mereka yang berharga. Untuk mencapai tujuan ini, Skype menerbitkan "sertifikat digital" untuk semua orang, yang digunakan untuk membuktikan dan mengonfirmasikan identitas orang yang melakukan atau menerima panggilan atau obrolan Skype.

Apakah Sertifikat Digital itu?
Sertifikat digital adalah kredensial elektronik yang dapat digunakan untuk membuktikan identitas pengguna Skype, di mana pun pengguna itu berada. Seperti layaknya dokumen identitas fisik, seperti SIM, sertifikat digital harus memiliki ciri tertentu untuk digunakan sebagai formulir identifikasi. Secara khusus, sertifikat digital harus:
·         Menyebut nama akun tertentu yang diidentifikasi.
·         Diterbitkan oleh wewenang yang dapat mencabut sertifikat kapan pun.
·         Sulit untuk dipalsukan.
·         Mengandung tanda tangan konfirmasi dari wewenang yang menerbitkan, yang, dalam hal ini, adalah Skype.

Pengesahan
Karena tiap pengguna Skype memiliki kredensial digital, tiap pengguna Skype dapat memverifikasikan identitas pengguna Skype lainnya. Proses ini disebut pengesahan, pembuktian identitas tiap pihak ke pihak lainnya. Untuk mendapatkan akses ke sertifikat digital ini, Nama Skype dan kata sandi pengguna dikonfirmasikan. Karena itu, sangat penting bagi pengguna untuk mengikuti panduan kami untuk menjaga Nama Skype Name dan kata sandi pengguna tetap aman.
Pengesahan adalah tahap yang paling penting dalam memastikan komunikasi yang aman. Bayangkan melakukan percakapan dengan seseorang yang mengklaim sebagai mitra bisnis, namun sesungguhnya adalah peniru. Percakapan dapat dienkripsi dengan kuat seperti normal, tetapi pembocoran informasi pribadi masih dapat terjadi.

Enkripsi
Jaringan komunikasi, seperti internet, dapat diawasi oleh penjahat dan peretas di sejumlah titik. Hal ini adalah salah satu alasan mengapa email dan banyak program obrolan internet dianggap tidak aman dari sudut pandang keamanan. Dengan kata lain, karena terdapat banyak cara bagi orang tidak dikenal untuk mengawasi komunikasi pengguna, pengguna harus mengambil langkah positif untuk melindungi mereka dari jenis intrusi ini.
Enkripsi adalah proses enkode pesan yang menggunakan prinsip matematika, dalam cara yang hanya dapat dibaca oleh penerima yang dimaksud. Banyak jenis teknik enkripsi yang telah dikembangkan selama berabad-abad, namun kesemuanya cenderung menyerupai kotak penyimpanan dan kunci; setelah pesan rahasia dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan dan diamankan dengan kunci, pesan hanya dapat dibaca lagi oleh seseorang yang memiliki kunci yang sama. Kunci dapat berupa sesuatu yang diketahui atau objek fisik, seperti tongkat yang panjang dan lebar seperti yang disebutkan di atas. Untuk Skype, kunci pengguna adalah Nama Skype dan kata sandi pengguna, karena itu penting untuk menjaganya tetap aman.
Skype menggunakan algoritma enkripsi berbasis standar yang terkenal untuk melindungi komunikasi pengguna Skype dari jatuh ke tangan peretas dan penjahat. Dengan demikian, Skype membantu memastikan privasi pengguna dan integritas data yang dikirim dari satu pengguna ke pengguna lain.

Klaim
      1.      Skype adalah salah satu software VoIP (Voice over Internet Protocol) yaitu untuk mengirim data suara   melalui internet. Artinya, manusia dapat telepon melalui internet, dan mengingat internet sekarang semakin banyak digunakan dan semakin murah, hal ini bisa jadi sangat berguna. terutama untuk telpon ke luar negeri yg jika melalui telepon biasa sangat mahal sedangkan melalui Skype bisa Gratis.
      2.      Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi).
      3.      Skype berkantor pusat di Luxembourg City, Luksemburg. Skype diakuisisi Microsoft pada tanggal 13 Oktober 2011.

Gambar



Abstrak
Penemuan ini berhubungan dengan invensi skype, lebih khususs lagi invensi ini berhubungan dengan program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer) dan menyediakan sarana komunikasi (voice) berkualitas tinggi yng murah berbasis internet.
Salah satu tujuan utama Skype adalah untuk melindungi pengguna dari penyerang berbahaya yang menguping percakapan pengguna. Selain itu, skype ingin mencegah jenis peniruan yang sering digunakan penipu melalui email (misal, phishing) untuk memperdaya pengguna untuk menyerahkan informasi pribadi mereka yang berharga.

Sumber

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Utami Pratiwi -