- Back to Home »
- Lazada
Posted by : utamibiran
Jumat, 13 Mei 2016
Profil Perusahaan Lazada
Lazada
merupakan top
online retailer di Indonesia. Perusahaan ini
memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang
berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan
kecantikan hanya dengan mengakses ke website
yang telah disediakan. Produk pesanan akan di antar ke rumah-rumah konsumen
dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan
terbaik. Pembayaran juga dapat di lakukan dengan uang tunai bila tidak memiliki
kartu kredit.
Tujuan
dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang
paling top
dan utama di Indonesia serta memberikan
pelayanan kepada konsumen secara
maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikan pengalaman
kepada konsumen dalam memilih-milih produk online.
Karyawan yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yang mempunyai jiwa
kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaik dan perusahaan
di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitas dalam pemberian
pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secara maksimal.
Pelayanan yang Lazada berikan
memiliki kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara lain :
1. Menyediakan produk premium
dengan delapan kategori : elektonik komputer, perlengkapan & peralatan
rumah tangga, perlengkapan anak, produk kesehatan & kecantikan,
perlengkapan travelling,
perhiasan & jam tangan, serta perlengkapan olahraga. Untuk elektronik,
Lazada menyediakan smartphones,
televisi, video hingga berbagai aksesoris untuk melengkapi peralatan elektronik
konsumen. Lazada juga menawarkan solusi untuk keperluan rumah tangga yang dapat
ditemukan pada kategori perlengkapan & peralatan rumah tangga serta
menyediakan berbagai macam aksesoris untuk hewan peliharaan kesayangan. Selain
itu apabila konsumen ingin piknik ke pantai atau hanya di halaman rumah, Lazada
menyediakan berbagai perlengkapan untuk keperluan aktifitas luar ruangan.
Lazada juga memiliki berbagai pilihan peralatan pencahayaan, peralatan dapur,
alat – alat untuk mengecat rumah dan masih banyak lagi. Lazada juga menawarkan
produk untuk si buah hati mulai dari mainan anak-anak , meja dan kursi untuk
bermain, matras hingga tempat tidur. Selain itu konsumen dapat menemukan
berbagai peralatan make-up serta
produk kesehatan & kecantikan disini. Bagi pelanggan yang memiliki hobi travelling,
temukan juga pilihan perlengkapan travelling dan
backpacks.
2. Lazada menawarkan discount dan
harga yang menarik. Lazada sangat fokus dalam menyediakan berbagai produk
dengan harga spesial. Lazada juga menawarkan dengan harga yang kompetitif
dibandingkan retailer lainnya.
3. Untuk biaya ongkos kirim Lazada
tidak mengenakan tarif sama sekali, dan sangat cepat sampai di depan pintu
rumah pelanggan. Untuk pemesanan, Lazada menyediakan pelayanan yang cepat dan
ekslusif dengan menggunakan kurir yang professional.
4.
Lazada menerima pembayaran dengan uang tunai, kredit maupun debit.
Contoh Permasalahan
Lazada
merupakan toko online
yang
menjual beberapa produknya menggunakan Blog dan twitter sebagai alat e-commerce,
mereka memasarkan berbagai jenis produk beserta klasifikasi dan harga yang
dicantumkan di setiap label
barang/produk
yang dijual. Hal ini yang membuat pelanggan dengan mudah memilih dan mengakses
setiap jenis produk yang diinginkan. Manfaat dari penggunaan e-commerce itu
sendiri adalah inovasi-inovasi yang disediakan mempunyai banyak manfaat bagi
organisasi, perorangan, dan masyarakat, selain itu e-commerce dapat
membuat pasar nasional maupun internasional lebih mudah diakses dengan
menurunkan biaya pengolahan, distribusi, dan pengambilan informasi. Pelanggan
dapat dengan mudah mengakses sejumlah besar produk dan jasa hanya dengan waktu
beberapa menit.
Manfaat
utama kepada masyarakat adalah kemampuan memberikan informasi, layanan, dan
produk dengan mudah dan nyaman kepada orang-orang di kota-kota, daerah
pedesaan, dan negara berkembang. Meskipun manfaat dari e-commerce sangatlah
banyak tetapi ada beberapa keterbatasan yang harus diperhatikan, baik teknologi
maupun nontechnological,
yang telah memperlambat pertumbuhan dan penerimaan. Keterbatasan teknologi
termasuk kurangnya keamanan, bandwidth
telekomunikasi
yang cukup, kesamaan atau plagiat penggunaan e-commerce dari
segi bentuk,inovasi,maupun cara menjualnya serta aksesibilitas yang mahal.
Keterbatasan
nontechnological termasuk
persepsi bahwa e-commerce
tidak
aman
merupakan
masalah hukum yang belum terselesaikan, dan tidak memiliki massa kritis antara
penjual dan pembeli. Dengan berjalannya waktu, keterbatasan, terutama asalah teknologi dapat dikurangi dan diatasi.
Samwer
Brothers merupakan pendiri dari Rocket Internet di Indonesia. Rocket Internet
adalah perusahaan induk yang mempunyai 2 anak perusahaan di Indonesia yaitu
Lazada dan Zalora yang keduanya merupakan belanja online untuk
para pelanggan di Indonesia, mungkin Samwer Brothers bukan idola bagi
kebanyakan pengusaha, tetapi perusahaan mereka memberikan dampak yang besar
bagi pasar startup seperti
Indonesia. Sejak kedatangan mereka beberapa bulan yang lalu, Rocket Internet
telah memperkerjakan karyawan dengan sangat cepat, mereka membawa perusahaan
tiruan ke pasar dan mendapatkan keuntungan dari tiruan tersebut. Orang-orang di
perusahaan ini tidak banyak bicara, bahkan salah satu strategi mereka adalah
menghindar dari blog teknologi. Itu bisa berarti ada yang disembunyikan oleh
mereka, tetapi bisa juga berarti bahwa mereka ingin fokus atas apa yang mereka
lakukan dan berbagai hal yang ingin menambahkan nilai untuk mereka dan
perusahaannya. Tentu saja Rocket Internet juga sebenarnya tidak populer
diantara media teknologi karena prinsip anti-inovasi mereka, yang mungkin
menjadi alasan utama mereka menghidari jurnalis teknologi. Jika di perhatikan
bagaimana mereka beroperasi di pasar baru, pasti kita akan kaget. Mereka telah
hadir di Indonesia baru 3 bulan yang lalu dan mereka telah memiliki ratusan
karyawan, dengan lebih dari 6 produk yang telah ada di pasar. Orang-orang ini
tidak pernah berkeluh kesah mengenai layanan pembayaran untuk e-commerce mereka,
mereka hanya mencoba cara untuk membuatnya berhasil.
Permasalahan
yang paling mendasar bila dilihat dari kutipan wacana diatas adalah pendiri
dari perusahaan lazada ini sangatlah terang-terangan memperlihatkan bahwa
perusahaan tersebut merupakan tiruan atau plagiat dari perusahaan online yang
sudah ada seperti Amazon dan Zappos. Hal ini dapat dilihat ketika mereka sangat
antusias dalam mengembangkan perusahaan tersebut sehingga mendapatkan
keuntungan yang sangat banyak hanya dalam waktu kurang lebih 3 bulan semenjak
pendirian dan membuatnya lebih maju dari perusahaan yang sudah ada, padahal
apabila mereka sudah mengetahui tentang keplagiatan yang dilakukan, mereka
seharusnya mengubah cara bekerja perusahaan mereka dan membuat inovasi-inovasi
yang baru. Sebagai contoh tiruan yang sangat terlihat adalah dari segi
bentuk,klasifikasi,inovasi maupun cara membeli dari perusahaan lazada sangatlah
mirip dengan perusahaan amazon yang lebih dahulu berdiri. Ini adalah gambar
dari blog lazada dan amazon, kita bisa lihat disini kesamaan yang hampir sama
dari kedua blog tersebut :
Permasalahan
diatas tidaklah terlalu siginifikan karena tidak berdampak terlalu besar
terhadap kemajuan perusahaan lazada di Indonesia dalam memperoleh keuntungan
serta penyediaan pelayanan dan kualitas dari produk tersebut. Mungkin kita bisa
saja terus menjelek-jelekan Rocket Internet, tetapi mereka tahu cara melakukan
eksekusi dan membesarkan skala perusahaan dengan cepat. Motif dan agenda mereka
mungkin tidak mulia, tetapi mereka bisa mengajarkan kita untuk membangun bisnis
dan ekosistem yang sebenarnya. Persis seperti apa yang dibutuhkan oleh startup Indonesia
saat ini, yaitu seseorang yang bisa menunjukkan bagaimana menjalankan bisnis
secara serius: mengembangkan dan mengeksekusi.
Sumber :
"Thank you for nice information
BalasHapusPlease visit our website unimuda and uhamka"