Popular Post

Posted by : utamibiran Selasa, 17 Mei 2016


Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti ber­­­­­­­gerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. (Nazruddin, 2012)

Antarmuka pengguna Android didasarkan pada manipulasi langsung, menggunakan perintah sentuhan yang serupa dengan tindakan di dunia nyata, seperti menggesek, mengetuk, dan mencubit untuk memanipulasi obyek dilayar. Android adalah sistem operasi open source, dan Google merilis kodenya dibawah Lisensi Apache. Sistem operasi open source dan lisensi perizinan pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi.

Menurut Nazruddin (2012), beberapa fitur – fitur yang tersedia di Android adalah sebagai berikut:
1.      Framework aplikasi yang mendukung penggantian komponen dan reusable.
2.      Mesin Virtual Dalvik dioptimalkan untuk perangkat mobile.
3.      Integrated browser berdasarkan engine open source WebKit.
4.      Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh libraries grafis 2D, grafis 3D berdasarkan spesifikasi OpenGL ES 1.0.
5.      SQLite untuk penyimpanan data.
6.      Media Support yang mendukung audio, video dan gambar (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF).
7.      Bluetooth, EDGE, 3G, 4G dan WiFi.
8.      Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer.

Versi Android diawali dengan dirilisnya Android beta pada bulan November 2007. Versi komersial pertama, Android 1.0, dirilis pada September 2008. Android dikembangkan secara berkelanjutan oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA), yang telah merilis sejumlah pembaruan sistem operasi ini sejak dirilisnya versi awal.


Sejak April 2009, versi Android dikembangkan dengan nama kode yang dinamai berdasarkan makanan pencuci mulut dan penganan manis. Masing-masing versi dirilis sesuai urutan alfabet, yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0–2.1), Froyo (2.2–2.2.3), Gingerbread (2.3–2.3.7), Honeycomb (3.0–3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4), Jelly Bean (4.1–4.3), dan KitKat (4.4+).


Sumber :

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Utami Pratiwi -